iptek · kab

Road to Taman Pintar, Vredeburg, Masjid Gedhe Kauman


Refreshing mungkin kata yang paling tepat untuk menggambarkan aktivitas 10 mahasiswa pertanian yang iseng jalan kaki muter-muter kompleks keraton dan sekitarnya tersebut. Bermula dari fakultas pertanian tercinta, kesepuluh anak manusia ini memutuskan untuk ”berwisata” di akhir pekan ini. Bus PUSKOPKAR jalur 4 melaju, rute pertama yang di tuju ialah Taman Pintar. Taman Pintar ialah sebuah tempat pembelajaran kreatif yang disediakan khusus oleh pemerintah DIY dalam rangka meningkatkan kecintaan anak-anak dan pelajar dalam memahami eksak secara lebih sederhana. Taman pintar diresmikan oleh presiden SBY pada 16 Desember 2008, konsep taman pintar ini mirip dengan PP IPTEK Taman Mini Indonesia Indah di Jakarta namun dalam lebih kecil dan sederhana. Fasilitas yang tersedia di Taman Pintar antara lain ada gedung oval, gedung kotak, dan memorabilia. Selain gedung-gedung tersebut, di halaman depan Taman Pintar banyak wahana bermain berbasis iptek dan kreatifitas yang dapat diakses gratis oleh pengunjung.

Beranjak dari Taman Pintar, tempat berikutnya yang di geledah oleh kesepuluh mahasiswa ini adalah Benteng Vredeburg. Benteng bersejarah buatan Belanda ini didirikan pada tahun 1760. Tiket masuknya tergolong murah, hanya dengan Rp. 750,00/orangnya. Di sini kamu akan merasakan nuansa artistik bangunan klasik ala Belanda-Indonesia yang membuat kamu serasa berada di tahun 1700-an. Pernah nonton film merah putih kan ? kurang lebih bangunannya seperti camp latihan prajurit tentara rakyat di film itu. Benteng Vredeburg dahulunya merupakan markas Belanda sebagai benteng pertahanan. Setelah berhasil diambil alih dari tangan Belanda dan Jepang pada tahun 1945, benteng ini berfungsi sebagai tempat berlindung sekaligus menjadi salah satu tempat latihan prajurit militer Indonesia dalam menghadapi serangan agresi militer Belanda. Kini setelah sekian lama kemerdekaan di raih, Benteng Vredenburg kembali berubah fungsi menjadi museum yang menyimpan sejarah perjuangan bangsa dalam mempertahankan kemerdekaan.

Di Museum Benteng Vredeburg banyak terdapat diorama (miniatur) moment-moment menjelang dan saat mempertahankan kemerdekaan. Mulai dari proklamasi, dipindahkannya pemerintahan Indonesia ke Yogyakarta, hingga OSPEK P4T pertama UGM yang langsung diresmikan oleh Alm. Presiden Soeharto.

Perjalanan berlanjut. Matahari hampir tepat di atas kepala, Allahu Akbar-Allahu Akbar... adzan tengah berkumandang. Langkah kaki ini dipercepat menuju tempat persinggahan selanjutnya dalam program kunjungan ilmiah ini, Masjid Gedhe Kauman, Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat. Masjid yang merupakan satu-satunya masjid raya di Indonesia yang berdiri sebelum abad ke-20 ini (tau dari situs trulyjogja.com) memiliki arsitektur yang sangat unik. Tiang-tiang penyangga masjid ini terbuat dari kayu jati raksasa yang diameternya gede banget, dipeluk aja belum bisa.. Kalo dipikir-pikir arsitekturnya hampir mirip Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin II di Palembang. Yang pasti tempatnya sejuk dan asyik banget, enak buat tidur..

Ting tong… ga’ terasa waktu sudah menunjukkan pukul 13.00, saatnya makan siang. Akhirnya dapat juga tempat makan mie ayam-bakso di daerah alun-alun utara keraton. Allahumma Bariklana fima razaktana wakina aza bannar..

Sudah kenyang… ayo kita pulang, tapi sebelumnya, ga’ lengkap kalo ga’ pake poto-poto ga’ jelas dulu…..

Cheese……

I just wanna say : Jazakumullah Khairan Katsira to Aku Prabuningrat, Ariw Wibowo, Kiswanto Agro, Annajih Choirun, Mariana Susilowati, Latifah Fitriani, Siti Aisyah, and Mumu Phid… for nice travelling day. -im-

One thought on “Road to Taman Pintar, Vredeburg, Masjid Gedhe Kauman

jangan lupa ninggalin komennya ya :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s