kampuz

The First Day is Wonderful Day


24 Januari 2011

Hari pertama Im studi di kampus BB Padi, Spim (my bicycle name) masih di istirahatkan karena waktu sudah menunjukkan jam 7.15 takut terlambat masuk kantor. So, hari ini Im berangkat bareng sama Aan naik motor. Kan ga’ lucu kalo hari pertama langsung telat. Sampai di kampus BB Padi kira-kira jam 7.30. Im dan Aan langsung menuju bagian PHP mencari Bu Gagad. Setengah jam berlalu, belum juga ada tanda-tanda kedatangan Bu Gagad di ruang PHP. Eh…dapat kabar, ternyata si ibu sedang di Kaltim, tapi untunglah ada asistennya yang mengurusi kami. Sehingga kami batal jadi anak-anak terlantar. ^_^

Surprise… ternyata di sini kami tidak sendiri, ada 6 orang sahabat dari UNSOED yang juga ikut kuliah lapangan di BB Padi. Tiga orang dari agronomi (Budi, Bayu, dan Lestari) dan tiga orang dari pemuliaan (Deni, Hani, dan Tian).Tiga nama terakhir yang Im sebutkan yang kemudian Im kenal lebih dekat karena membersamai Im di hari ini. Semuanya angkatan 2008.

Btw.. Im mau ulas sedikit tentang ketiga sahabat pemuliaan UNSOED ini biar terekam dalam memori dan tak hilang di kemudian hari.

Deni, asalnya dari Cirebon, orangnya supel dan asyik di ajak ngobrol. Pembawaannya sederhana dan agak humoris. Kebetulan materi KL kita sama-sama salinitas. Jadi kepikiran mungkin kita berdua bisa jadi rekan yang padu dalam menghasilkan padi yang sudah memiliki rasa asin saat di panen… he..he..

Hani, asalnya dari Purwokerto’, penampilannya terlihat smart dan cerdas, orangnya juga supel dan mudah bergaul. Im selalu kagum dengan orang Purwokerto’. Mereka selalu bangga dengan daerah dan ke-khas-annya. Orang-orang Purwokerto yang Im kenal itu selalu bisa membuat orang lain tersenyum, dan kalo yang Im lihat, Hani deket dengan Deni, mungkin mereka kakak-adik ya… he..he…^_^.

Tian, asalnya bekasi, pertama ngelihat, ada sesuatu yang something special. Di pikir-pikir kok Im ngga’ asing dengan wajahnya ya ? hmm… ternyata dia mirip dengan salah satu praktikan mata kuliah Dasgen Im dan salah satu teman SMA Im, mungkin kalo mereka dipadukan jadilah Tian. He…He… (yah begitulah aku, punya sifat aneh yang suka berimajinasi menggabung-gabungkan orang). Dari penampilannya, Tian orangnya stylist dan modis. Awalnya Im kira dia pendiam. Tapi lama kelamaan ga’ pendiam juga dan ternyata dia juga narsis karena selalu jeprat-jepret pake kameranya.

Hari ini bisa di bilang hari OSPEKnya. Alias OrientaSi dan PEngenalan Kantor. Di pandu oleh Bu Rina dari bagian Plasma Nutfah, kita berempat diajak berkeliling di Kel.Ti Pemuliaan, Plasma Nutfah, dan perbenihan BB Padi.Kita berkenalan dengan semua peneliti, laboran, dan karyawan yang ada di Kel.Ti ini. Khusus pemuliaan tanaman dibagi dua bagian yakni Kel.Ti A untuk Pemuliaan, dan Kel.Ti B untuk Plasma Nutfah, dan Perbenihan. Selain berkeliling di Kel.Ti pemuliaan, kita juga berkunjung ke Rumah Kaca dan Perpustakaan. Perpustakaannya lengkap banget, yah isinya semua tentang padi, jadi semua pustaka all about padi sepertinya ada di sini … Semua bangunan tertata rapi, meskipun gedung-gedung dan fasilitasnya tak “semewah” milik UGM, tapi di sini suasananya tenang, asri, adem, ayem, dan ‘romantic’. Oh ya, bayang pun sebagai seorang pendatang pun, Im dan kawan-kawan difasilitasi dengan sangat baik, tempat tinggal berupa rumah gede yang gratis..tis…tis… dan senyum yang ramah dari warga dan tetangga sekitar. Service kelas satu nih…

photo 1 : emang ganteng dan tanpa rekayasa

Yupi… Yumi…, hari ini Im dan kawan-kawan memang lebih banyak pengenalan saja tentang BB Padi. Lumrah, perkenalan adalah sesuatu hal yang wajib bagi setiap orang baru. Dari mengenal teman baru, pembimbing baru, dan tempat yang baru. Juga kembali mengenal pertanian dan pemuliaan tanaman. Just wonderfull knowledge that I get in my first day.

Hmm… Im dapat pelajaran berharga. Kalo kita ingin paham dan cepat hafal tentang sesuatu maka kita harus menyukai dan tertarik terhadapnya dulu. Untuk paham tentang pemuliaan padi dan segala sesuatu tentangnya maka kita harus memunculkan dulu rasa suka dan ketertarikan kita. Setelah hal itu kita hadirkan, maka upaya untuk mendapatkan segala informasi dan kepahaman tentang pemuliaan itu akan muncul dengan sendirinya. Apapun bisa saja dilakukan, bahkan hal-hal yang luar biasa. Im berani bilang begini karena sudah terbukti, hukum ini berlaku sesuai dengan fitrah manusia. Hukum ketertarikan, he..he… Buktikan deh…!!

Kalo kita sudah suka, apapun pasti akan menjadi bersemangat dan muncul kecintaan. But, jangan cari-cari kesempatan ya ! Kembali luruskan niat, jangan sampai kecintaan yang muncul jadi cinta buta, cinta monyet, apalagi cinta segitiga (kayak judul film, tapi film yang mana ya ?) ah, lupakanlah… pokoke semangat … ^_^…

2 thoughts on “The First Day is Wonderful Day

jangan lupa ninggalin komennya ya :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s