berita

Inspire of The Moment


25 Januari 2011

Hari ini kumulakan dengan Bismillah, semangat baru mode on… Berharap bisa mengerjakan sesuatu di kampus BB Padi yang lebih wonderful daripada hari kemarin.

Pukul 8.40 wib bersama Tian dan Deni langsung menuju ke ruangan pembimbing lapangan Dr. Priatna Sasmita. Disini kita diskusi panjang kurang lebih satu jam. Di sini kita ngobrol banyak tentang kultur anter dan salinitas. Tapi porsi obrolannya lebih banyak tentang kultur anter. Especially tentang penelitian “padi ultra genjah”. Padi ini mempunyai umur panen yang sangat singkat jika dibandingkan dengan padi-padi lainnya. Hipotesanya, kalo tidak salah umur padi hanya ± 80 hari. Tapi penelitian ini masih dalam tahap pengembangan. Saat ini tengah di coba perbanyakan tanaman via kultur anther, sayangnya keberhasilan pengkulturan baru sebatas 50 % dan selebihnya terjadi variasi somaklonal menunjukkan albinisme.

Kembali ke perbincangan : setelah ngobrol banyak tentang kultur anter, tiba saatnya memulai perbincangan tentang salinitas. Tapi ternyata Dr. Priatna buru-buru karena akan survey lapangan. Tadinya sih pengen ikut, lumayan bisa jalan-jalan. Eh… ternyata mobil Pak Priatna gak muat. Jadilah Im dan Deni (Duo Spesialis Padi Toleran Salinitas) tinggal di kampus BB Padi dan mendapat tugas membedah hasil penelitian salinitas sebelumnya. Hedew

“Screening aksesi toleran salinitas pada fase bibit” itu tema yang kami bedah di hari kedua KL ini. Data lengkap kami dapatkan dari Laporan Akhir ROPP DIPA 2010 plus berselancar ria di perpustakaan kurang lebih 2 jam. waw… ini rekor terlama Im berdiam diri di perpustakaan. He..he…

Teng-teng… waktu menunjukan pukul 11.30, bosen juga berlama-lama di perpustakaan. Akhirnya berselancarlah Im keliling kampus BB Padi, dari Lab Kultur berdua bareng Tian jalan-jalan ke gudang benih FS, SS, dan ES dan yang paling unik LABORATORIUM TIKUS. Nah lo… biasanya kita taunya Laboratorium Biologi, Kimia, dan Fisika, nah ini Lab Tikus. Apa aja yang ada di sini ?

Let’s cek this out…!!

Laboratorium Tikus adalah Lab tempat pengkajian dan penelitian hama penting tikus. Di sini tikus dipelihara dan dirawat dengan baik, tujuannya untuk penelitian. Sesekali dikasih makan racun, sesekali di kasih makan bakteri, tergantung penelitiannya. Kenapa tikus menjadi hama yang sangat penting…? Karena tikus mampu memberikan kerugian yang sangat besar bagi pertanaman padi. Dalam semalam satu areal pertanaman padi mampu habis diserangnya. Tikus menyerang hampir disemua fase pertumbuhan tanaman padi dan jenis tikusnya pun macam-macam. Ada yang besar, ada yang kecil. Untuk itu BB diperlukan sebuah tempat studi yang khusus buat mengkaji artis kita yang satu ini.

Well… dari Lab Tikus, Im juga baru tau kalo disini ada alat yang digunakan untuk mendengar suara tikus. Bentuknya mirip dengan pemancar radio + headshet dan audio recorder. Suaranya diatur ke frekuensi tinggi sehingga terdengar sangat melengking, ciiiiiiiiiiiiit……….ciiiiiiiiiiiiit…………………. begitu terdengarnya. Nantinya suara ini akan disaring dan diterjemahkan. Sayang waktu itu lupa memfoto dan menanyakan nama alatnya. Tapi nanti kalo ada kesempatan, coba Im carikan potonya deh. ^_^

Im jadi dapat inspirasi, siapa tau bisa dibikin alat untuk mendengar suara serangga. So, asyik kan kalo kita bisa mendengar percakapan antara bu belalang dan bu wereng yang lagi ngobrolin pak walang sangit karena mereka nge-fans (Ha…ha…ha…). ^_^… just intermezzo.

Oh ya, di Lab. Tikus ini juga terdapat preparat burung hantu loh. Dari literature yang pernah Im baca, the guardian bernama latin Titos alba ini adalah musuh alami yang paling ampuh untuk menangani tikus, sayangnya saat ini populasinya terancam karena diburu oleh manusia, sehingga sudah sangat jarang bahkan hamper tidak pernah kita melihat orang yang menggunakan burung hantu untuk menjaga lahan pertaniannya.

Let’s go to the guardian and… Take to the sky…!!

jangan lupa ninggalin komennya ya :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s