curhat

Cinlok Berasa Cilok… Oh Asyiknya, Apalagi Kalo Pake Saus Kacang…


Cinlok alias cinta lokasi, itu yang mungkin terjadi pada Im saat ini, yupi…yumi…. kata Titik Puspa dan Projek Pop, Cinta itu berjuta rasanya, dibelai, dipandang amboi rasanya… Cinta itu berjuta indahnya, tertawa menangis karena jatuh cinta… oh asyiknya, oh repotnya.

Tau ga’ siapa yang bikin Im Cinta Lokasi ? keramahan dan perhatiannya, kebaikan dan kepeduliannya, pokona semua tingkahnya, masyarakat kantor dan perumahan di BB Padi Sukamandi, itulah mereka. Selain itu di sini lokasinya menyenangkan dan mentenangkan. Meskipun akses ke dunia luar agak sulit tapi tempat ini sangat nyaman, sangat nyaman untuk belajar. Lingkungannya asri dan rapi, tenang, tidak bising dengan bunyi kendaraan bermotor. Danau dan pulau burungnya bikin betah berlama-lama. Andaikan boleh berandai-anda, pasti asyik kalo bisa kumpul atau mentoring rutin bareng bocah-bocah di sini. Itulah yang membuat Im cinlok.

Hmm… Di sini Im bisa belajar dengan cara diskusi dan praktek langsung, aplikatif dan kontributif. Ngobrol dengan petani pake bahasa rada ilmiah bukan masalah, pertanian yang ramah lingkungan, safety pestiside yang apik, irigasi yang rapi, padi terhampar luas nan hijau tanpa serangan tikus, benar-benar permadani khatulistiwa. Ah… andaikan kampusku di Yogya seperti ini.

Hari ini, hari batik nasional sob, makanya Im ke kantor pake batik. Batik pekalongan ungu dengan corak bunga-bunga berwarna hitam, biru, orange. Ga’ usah kau bayangkan yah, karena Im tau imajinasimu agak kacau, nanti hasilnya jadi jelek ^_^ he…he….he..

Di hari batik ini Im ikut kegiatan Tian dan A’ Yanto untuk mengambil calon biji yang akan dikultur antherkan dari tiga jenis tanaman hasil persilangan. Ternyata memilih kumpulan biji yang akan dikultur anthernya gampang-gampang susah, harus benar bibitnya (varietas dan jelas tetuanya), bebet (kualitasnya) dan bobot (ukuran dan umurnya), wah-wah kayak milih jodoh aja… Ingat, memotongnya pun harus benar agar tidak merusak biji. Pelajaran no 28 : Mari optimalkan taaruf, termasuk pada tanaman calon kultur anther.

Setelah selesai mengambil calon biji yang akan di kultur antherkan, kita berjalan mengelilingi rumah-rumah kaca dan melihat kegiatan-kegiatan yang ada di dalamnya. Ada yang sedang meng-kastrasi bunga jantan, taukah kamu apa itu kastrasi ? Kastrasi adalah membuang organ kelamin jantan pada bunga agar ia tidak bisa membuahi dirinya sendiri, dan memudahkan terjadinya perkawinan silang. (Notes : Ini hanya terjadi pada tanaman, tidak pada manusia). Ada yang sedang mengamati tanaman sakit Hawar Daun Bakteri (HDB), dan ada yang tengah menghitung hasil tangkapan hama kupu-kupu Scrirpophaga incertulas,dan banyak lagi.

Yang menariknya itu tuh, Semua yang ada di sini selalu tersenyum, bapaknya, ibunya, Aa’-nya, Tetehnya, Neng-nya, sehingga membuat Im juga turut tersenyum, senyum yang manis. Manis wajahmu kulihat di sana sobat…

Lalu apa hubungannya dengan cilok ? Memang tidak ada, karena cilok itu enak, So Im tulis aja deh. ^_^… Alasan lainnya biar judulnya terdengar bombastis dan kamu penasaran pengen baca.

Berjuanglah negeriku jalan itu masih terbentang…

jangan lupa ninggalin komennya ya :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s