motivasi

Coklat Penyemangat


Assalamualaikum wr.wb..

Seminggu ini im betul-betul jadi si bolang, berpetualang kemana-mana keliling Jawa Tengah. Sejujurnya im sempat menghilang dari Jogja beberapa hari untuk sejenak menyapu kepenatan. Bermula dari trip ke Semarang 3 hari, kembali pulang ke Jogja, dan lanjut ke Kebun Kakao di Segayung sehari penuh, bikin semua penat benar-benar menguap.

Meskipun banyak yang terkorbankan, termasuk akademik. Alhamdulillah banyak inspirasi yang im dapat dari perjalanan ini. Kini Insyaallah im siap untuk kembali menuntut ilmu dan berjuang (mohon doanya agar tetap istiqomah ya, he..he..)

Ini cerita tentang petualangan di kebun kakao Segayung milik PT. Pagilaran.

Taukah kamu bahwa saat ini kakao Indonesia menjadi no 1 terbaik di dunia ?
Yup, semenjak terjadi kegagalan produksi di Afrika dan Amerika Selatan, Indonesia dilirik sebagai produsen kakao yang utama. wah..wah…memanfaatkan penderitaan negeri lain (ga’ juga sih he..he…)

Nah, ini im share sedikit share poto-poto waktu di kebun Segayung PT. Pagilaran.

Ada yang belum pernah lihat buah kakao ? nah, ini gambarnya. Rupa-rupa warnanya, macam-macam varietasnya. Gambar di atas bukan hanya 1 jenis kakao dan beda tingkat matangnya loh, tapi memang bervariasi… Kakao dicampur jadi satu untuk sama-sama diolah sesuai prinsip ‘Bhineka tunggal Ika’. Yup… Indonesia memang pantas disebut sebagai megabiodiversity.


Kalo yang ini, biji kakao yang telah difermentasi dan dijemur,
nantinya biji kakao akan di uji kualitas, di pack dan langsung ekspor ke luar negeri. harga 1 kg kakao fermentasi sekitar Rp. 20.000, padahal kalo bisa diolah dulu jadi produk, baru di ekspor pasti lebih mahal. Im sempat mencoba aromanya, hmm… wanginya lebih harum daripada silverqueen chunky-bar.

Apa yang kau bayangkan dengan gambar di atas ? … Yup, ini adalah limbah kulit buah kakao. menumpuk dan berjibun jumlahnya di Segayung. Ini jadi masalah yang cukup pelik di sana. Cz baunya cukup mengganggu. Adakah yang langsung dapat ide buat menanganinya ? he..he..


Itulah, sekelumit dokumentasi petualanganku di kebun Segayung.
selalu mengambil pelajaran dari setiap kesempatan.
mengeksplorasi dunia dan mencari hikmah di baliknya.
Sungguh menyenangkan.. ^_^


Ngayogyakarto Hadiningrat
24 Juni 2011

3 thoughts on “Coklat Penyemangat

  1. Mas, mohon informasinya, kebun kakao ini tepatnya ada disebelah mana ya? Apakah berupa argowisata yang bisa dikunjungi?

    Saya lagi survey untuk kunjungan ke kebun coklat di sekitar Jogja. Kalau berkenan boleh di email ke yania_andarini@yahoo.com untuk informasinya ya

    terima kasih

jangan lupa ninggalin komennya ya :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s