motivasi

Sehari Menjelajah Palestine, Yaman, dan Konstatinopel


Andai saja kau tau sobat,
Mengambil makna di setiap hari-hari kita, sungguh menyenangkan…
Kemarin menjadi Jum’at cemerlang, Jum’at full day hikmah. Tiba-tiba, pengen aja shalat Jum’at di Maskam UGM, ustadz yang bawain khutbah biasanya bagus.
Setelah sholat Jum’at selesai.
Im berpapasan dengan dua orang bapak-bapak yang tengah berbincang. Saat melintas di depan mereka tak sengaja Im mendengar, mereka berdua berkomunikasi dengan bahasa Indonesia ke Arab-araban. Ternyata salah seorang dari bapak-bapak tersebut berasal dari Palestine. Dengan bahasa Indonesia yang agak terbata-bata ia bercerita bahwa ia saat ini tengah mengambil program doktoral Fakultas Kedokteran bidang Anestesi di UGM.
Im segera berlalu karena tak ahsan mencuri dengar pembicaraan orang terlalu lama.
(setelahnya Im diskusi dengan teman katanya memang banyak orang Palestina yang menuntut ilmu di Indonesia)
Sejenak kemudian, takmir Maskam mengumumkan bahwa akan ada kajian yang diisi oleh seorang Syaikh dari Yaman. Wah… sayangnya pada saat itu Im akan ada agenda silaturahim, agendanya sekitar 15 menit lagi. Masih ada waktu, lumayan… jarang-jarang bisa mendengar native arab. So, Im memutuskan untuk menunda sejenak kepulangan dan duduk di majelis.
Sang syaikh terlihat masih muda, dan sangat fasih berbahasa Arab, penyampaiannya sangat lembut, menarik, penuh hikmah dan mudah dipahami. Im bisa tau apa yang beliau sampaikan karena ada penerjemah yang membersamainya. Ia bercerita tentang hubungan kita kepada Allah, dan sesama manusia. Satu ayat yang beliau kutip dari Al Qur’an Surat Al Hujurat ayat 11:

“Innalmukminu na ikhwah, faaslihu baina akhawaikum wattaqullaha laallakum tur’hamuun”

Sesungguhnya setiap mukmin itu bersaudara, karena itu damaikanlah antara kedua saudaramu yang berselisih dan bertakwalah kepada Allah, agar kamu mendapat rahmat.
kalau kita hayati secara mendalam, ayat ini memiliki kekuatan yang luar biasa dalam mengatur hubungan kita sesama mukmin. Tak perlu pertikaian, peperangan, saling hujat diantara sesama mukmin karena setiap mukmin adalah saudara. Jika terjadi perselisihan terhadap sesuatu maka sebagai mukmin kita ditugaskan untuk mendamaikannya dan mengembalikannya kepada Allah agar mendapat rahmat.
notes : (seorang muslim belum tentu mukmin, tapi seorang mukmin sudah pasti muslim)

Senang rasanya bisa mendengar penyampaian dan bahasa tubuh sang Syaikh,
—-pikiranku sejenak menerawang jauh ke berpuluh abad silam kala Islam di syiarkan di muka bumi. Disyiarkan dengan hikmah dan tutur bahasa yang santun.—

Tak terasa 15 menit sudah berlalu, Im harus meninggalkan Maskam dan menuju tempat agenda. sayang sekali rasanya harus meninggalkan kajian yang seru ini. Im pun pergi mengambil motor dan memacunya.
______________________________________________________

Tiba di agenda silaturahim, acara belum dimulai. manfaatkan waktu untuk makan siang dan sejenak ngobrol dengan teman-teman yang sudah datang.

Tak berapa lama acara pun dimulai, diawali dengan tilawatil Qur’an dan tausyiah hamasah oleh
Bang Ridwan Oktovan. Ia bercerita tentang penaklukan Konstatinopel.

Pada jaman Rasulullah waktu terjadi perang Khandaq, Rasulullah pernah menyemangati pasukannya saat memecahkan batu penghalang pembuatan parit Khandaq. Bahwa dari sini kita akan menaklukan Roma, Persia, dan Konstatinopel.

Penaklukan itu tidak terjadi di jaman Rasulullah. tapi Nubuwwat tersebut menjadi kenyataan 600 tahun kemudian di bawah seorang pemimpin Daulah Turki Utsmani bernama Muhammad Al Fatih. (baca kisahnya di sini : http://harakatuna.wordpress.com/2008/09/15/episode-panjang-menuju-penaklukan-konstantinopel/)

Begitulah sobat, memaknai hari sangat mengasyikkan.

Im serasa berkeliling Timur Tengah sehari ini.
Semoga Im benar-benar bisa kesana, entah Arab, Yaman, Turki, Mesir, atau Palestina.
Seperti kata Ustd. Hasan Al Bana “Mimpi hari ini adalah kenyataan di esok hari.”
Semoga…

Ngayogyakarta Hadiningrat
My lovely room
25 Juni 2011

jangan lupa ninggalin komennya ya :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s