kampuz

Catatan Research : Seharum Cocoa


Tepat pukul tujuh, dan lonceng tanda masuk kerja mulai berdentang, pemuda itu bergegas mengikat tali sepatunya dan berangkat menjalankan amanahnya. Berbekal sebuah buku, pensil, dan peta kebun dilangkahkan kakinya menuju hamparan kebun kakao seluas 10 ha. Ia tak sendiri, seorang teman setia selalu menyertainya. Mas Toni namanya. ia selalu menemani sang pemuda melewati hari, menyapu terik matahari, menembus belantara kebun kakao.

300 nomor di lahan seluas 10 Ha siap diamati untuk memenuhi data penelitian. Oh ya.. perlu kau tau sobat, sang pemuda ini sedang melakukan penelitian tentang seleksi kakao, dan saat ini dia sedang mendata potensi jumlah buah panennya.

Begitu masuk kebun maka kau akan menemukan banyak tantangan sobat. Hmm.. Itu pula yang dirasakan oleh sang pemuda. Tersesat dan hilang arah, digigit serangga, terantuk batang pohon, terperosok dalam lubang rorak, sudah jadi hal yang biasa.

Mencari dan mengamati  300 tanaman kakao di belantara yg luas ini bukanlah hal yang mudah, bahkan 5 jam mencari pun hanya sekitar 150 tanaman yang baru sang pemuda dapatkan. Secara, ke-300 tanaman ini menyebar acak. Jam 12 sang pemuda dan temannya memutuskan untuk beristirahat dan mencukupkan pekerjaannya. Sambil tersenyum ia berujar. “Semangat, masih ada hari esok.”…

Bagaimanapun lelahnya, pekerjaan ini menyenangkan, diiringi obrolan hangat dan guyonan khas Batang membuat pekerjaan yg berat serasa ringan. Apalagi ditemani dengan mengecup manisnya pulp kakao dan  sebatok air kelapa muda yang langsung dipetik dari pohonnya. ^_^

bersambung …

jangan lupa ninggalin komennya ya :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s