kampuz

Catatan Research : Termenung


Ativitas rutin harian sang pemuda selama beberapa ini ialah membelah buah kakao, mengukur diameternya, menjemur bijinya, dan menimbangnya. Ini sudah hari keempat ia melakukan pekerjaan ini. Namun pekerjaannya yang terlampau banyak itu belum juga selesai. Seperti yang kau ingat sobat, ada 300 buah yang harus diekstraksi untuk mendapatkan bijinya. Belum lagi kendala teknis akibat serangan PBK dan Jamur Phytoptora pada buah yang mempersulit ekstraksinya.

Saat ini mungkin baru sekitar 23 % buah kakao yang berhasil diekstrak sampai ke tahap penimbangan. Selain bekerja, sang pemuda juga berfikir bagaimana caranya untuk segera mempercepat pekerjaan ini sekaligus mampu mengidentifikasi parameter dengan tepat dan meminimalisir error data.

Sebenarnya pekerjaan ini sederhana, hanya kuotanya yg terlampau besar dan mungkin managementnya yang belum bagus. Sang pemuda kini terlihat bagaikan pekerjakur, gudang, dari pagi hingga sore ia temani buah-buah kakao kesayangannya menjalani proses ekstraksi. Pecah, dan jemur itulah aktivitasnya di lapangan.

Tak terasa, mentari mulai bersembunyi di ufuk barat, warnanya merah merona, malu terhadap sang muadzin yang bergegas pergi ke masjid untuk mengumandangkan adzan.

Sembari menikmati senja, sang pemuda menyempatkan untuk menelpon dosen pembimbingnya dengan tujuan untuk konsultasi. “bla…bla….bla…” mereka cukup akrab dan mengobrol panjang.

di penutup diskusi sang dosen berujar : “semuanya dikeringkan, minimal dijemur termasuk kulit-kulitnya.
oh ya mas, perlakuannya sepertinya perlu ditambahkan lagi dengan tanaman sambung untuk kontrol, mungkin bisa 5 pohon saja yang dibelakang rumah.” ujar sang dosen.

glekk… berarti total nambah 30 tanaman, dan sang pemuda pun hanya termenung mendengarnya.

jangan lupa ninggalin komennya ya :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s