motivasi · special

Gemerlap Malam : Happy New Year Bro… !!


pict 1.
Tahun baru selalu menjadi momen yang spesial bagi setiap kita. Segala harapan,semangat, dan motivasi baru hadir menghiasi relung-relung jiwa kita pada malamyang spesial ini. Keceriaan, kesenangan, kegembiraan menjadi warna indah yangmenghiasi wajah-wajah shalih ditahun baru ini.
Ini bukan tentang tahun baru Masehi 2012 atau tahun baru Imlek 2565, initentang tahun baru paling spesial, tahun baru Islam 1433 Hijriah.

Hijriah selalu memberikan warna yang berbeda dibandingkan dengan jenis-jenistahun yang lainnya. Kala perayaan tahun baru lainnya diwarnai dengan kemewahan,hura-hura, dan hedonisme berbasis kembang api, terompet, karnaval dan makan-makan.Mungkin ada sebuah peringatan tahun baru di negara kita yang harinya juga bertepatandengan Hijriah (sebut saja satu Suro), perayaannya begitu sakral dan mistik, pelarungansesajen ke laut, dzikir hingga larut, dan pembagian hasil bumi. Namun hal tersebutdan hijriah sangat berbeda, sangat jauh berbeda.

Tahun Hijriah memang tidak pernah diisyaratkan untuk diperingati. Oleh karenanyamungkin tak ada yang bermewah-mewah dalam memperingatinya. Tahun baru hijriah memintasetiap kita untuk tidak merayakannya secara berlebihan, namun sekedarmemaknainya. Memaknai dengan makna yang sebenarnya, memaknai betapa berharganyawaktu hidup kita, memaknai sejauh mana arti perjalanan hidup kita. Tahun baru Hijriahsekedar mengajak kita memaknai hidup kita melalui tiga tahapan: Tadzkirah, Muhasabah, dan Hijrah.

Tadzkirah artinya memahami bahwa bergantinya tahun berarti menandakan semakindekatnya kita dengan alam kubur. Memahami bahwa bergantinya tahun menandakansemakin berkurangnya jatah umur yang telah Allah sediakan untuk kita.Bergantinya tahun seharusnya mampu menyadarkan kita bahwa peluang kita untukbisa mendapatkan pahala yang lebih banyak telah semakin berkurang. Pemahaman-pemahamanyang hadir setelah kita melakukan tadzkirah ini yang akan menuntun kitabermuhasabah atas diri kita. Bermuhasabah menengok kembali apa saja yang telahkita lakukan sebelum hari ini.

Muhasabah artinya bertanya kepada diri kita sendiri atas apa yang telah kitaperbuat. Andaikan saja kita melakukan perjalanan dari Jogja ke Jakarta untukmenemui saudara atau keluarga tercinta, pastilah sebelumnya kita akanmempersiapkan segala sesuatunya dengan baik. Pakaian terbaik,  bekal terbaik, dan keadaan terbaik. Nah,apakah kita melakukan hal yang sama untuk perjalanan yang nyata dan pasti ?perjalanan menuju alam kubur kita, dan menuju alam akhirat. Sudahkah kitapersiapkan bekal terbaik kita untuk sampai di sana ?

 Setelah kita melakukan serangkaian Tadzkirahdan Muhasabah, maka saat inilah moment yang tepat untuk berhijrah. TahunHijriah diambil dari kata Hijrah, Hijrah ialah perpindahan yang dilakukan olehRasulullah SAW bersama sahabat-sahabatnya dari Mekah ke Madinah. Hijrah artinyaberpindah atau berubah dari suatu keadaan yang tidak disukai Allah menujukeadaan yang disukai Allah SWT. Hijrah artinya bergerak dan berubah menjadipribadi yang lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. Hijrah artinya menentukanlangkah untuk bisa sampai ke Jannah-Nya.

Sebagaimana halnya kursi di Fakultas Kedokteran yang hanya disediakan untukpara calon mahasiswa yang telah mendaftar, membawa bekal terbaik, dan lulusdalam mengikuti tes di Fakultas tersebut. Jannahpun hanya disediakan untuk calon-calon penghuni surga yang telah mendaftar (menentukanpilihan) ke Universitas Jannah. mempersiapkanbekal terbaik, dan teruji dalam ujian kehidupannya.

Sahabat, itulah yang diminta dalam peringatan tahun hijriah
Sederhana namun penuh makna,
Sederhana namun penuh cinta.

Happy New Year Bro…!! ^_^


“Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok” (Al Hasyr : 18)  


-im-

source from Kajian Tahun Baru 1433 H by Ustadz Syatori Abdurrauf, live at Masjid Nurul Ashri Deresan
pict.1 : http://1.bp.blogspot.com/

jangan lupa ninggalin komennya ya :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s