curhat · motivasi

Segera Deadline your Life !


Hari initidak banyak yang bisa aku lakukan, seharian hanya tinggal diperaduan. Seperti anakbayi yang masih butuh banyak energi, tidur menjadi menu utama aktivitas hariini. Ya, sepertinya efek perjalanan kemarin masih membuatku tepar. Pasca sholatjum’at tadi kepala yang nyut-nyut dannafas yang kembang-kempis langsung mengintruksikan tubuh untuk direbahkan, dansejenak kemudian ia langsung terhanyut ke alam mimpi, sampai Ashar punkebablasan, Astaghfirullah…

Keadaan yanggerah teramat parah membuat aku terbangun, seperti biasa begitu bangun langsungcari-cari hape, lihat jam. Ternyata sudah jam 16.00, saatnya shalat Asharsebelum melanjutkan tidur lagi ha..ha..ha.. Selain itu ada 6 SMS masuk. Ada yangberisi undangan mabit yang saya mungkin ga’ bakalan bisa ikut, laporan hasildiskusi, sms konfirmasi izin, sms tausiyah, dan permintaan segera merekap data penelitian (dua kali). Nah, yang terakhir kaliini dikirim dua kali entah karena salah pencet atau  emang penting, tapi aku pilih yang kedua sajasebagai tanda sms ini mengisyaratkan sesuatu yang penting.

Fikiran langsung jauh menerawang ke masa-masa lalu, kala kata “segera segera dansegera” menjadi menu santapan setiap hari. Kala masih bekerja di departemen media (ah… aku rindu masa-masa itu). “Segera” selalu menjadi kata yangmembuatku berfikir dan bertindak cepat untuk menuntaskan segala pekerjaan. “Segera” kata yangselalu identik dengan deadline.

Ya kawan, hidup ini penuh dengan deadline.Entah itu deadline pekerjaan, tugas,maupun apapun. Deadline selalu ada,hanya saja kadang kita lupa untuk mencatatkannya dalam chip dan memori-memoridi otak kita, dalam ruang di hati kita, maupun dalam catatan harian kita. Sesuaidengan arti katanya dead -> mati, line -> garis. Jadi kurang lebihartinya garis kematian (jika diterjemahkan dengan bahasa Indonesia acakadul). Deadline menuntut kita untuk menentukan garis batas ”kematian” itusehingga kita bisa memulai apa yang harus dilakukan dengan segera, agar mampuberakhir bahagia.

Kembali ke SMS penting itu. Pak dosenku tercinta ternyata meminta agar datayang ada segera direkap dan dikirim via email, katanya untuk laporan sementara.Kalau kemarin permintaannya dikirim tanggal 8 Desember, maka SMS hari inimemintanya untuk dipercepat jadi 4 Desember 2011. Padahal Asal loe tau (Kata orang Jakarte) data tersebut masih sama sekalibelum diketik, sebagiannya pun malah belum tertuliskan karena memang belumdiamati. Hmffffffff…. perlu tariknafas panjang untuk semua ini.

Tapi itulah uniknya deadline ia mampumemacu semangat yang tertidur pulas, melampaui batas-batas toleransi. Dan denganlembut ia berbisik kepada nurani, yang membuatnya dengan gagah mampu berkata Kita Bisa…!! (macam theme song SeaGames 2011). Aku suka deadline dalamhidupku.

Aku merasa hidupdengan dealine ternyata lebihmenyenangkan dibanding dengan kehidupan yang adem ayem tanpa targetan. Hidup dengandeadline memperjelas arah tujuan, memberikan kebermanfaatan, belajar disetiapprosesnya, dan yang terpenting menyadari bahwa waktu kita hidup ini sangatsedikit dan terbatas.

Segera dan segera sadari, 

segera catat deadlinehidupmu !
Kalo kata nasheed Ar-Royan yang Malaysia itu : “Jangan carikan alasan untuk menunda…

So, Deadline your life…!!

jangan lupa ninggalin komennya ya :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s