special

cerita tentang hujan, angin, dan awan



Hujan selalu membawa inspirasi. Ribuan lagu dan puisi yang tercipta bisa terinspirasi dari hujan. Hujan beserta “pasukannya” memang selalu memberi kesan. Ada sepoi angin yang menyapa, ada rintik air yang menggoda, ada gemuruh guntur yang menggelora, dan ada pelangi yang bersahaja di penghujungnya, pelangi tempat berkumpulnya para bidadari (cerita rakyat zaman dulu).

Saat tulisan ini ditulis pun hujan sedang turun dengan derasnya di kampung Klebengan. Menentramkan malam dengan senandung rintiknya. Aku jadi teringat seminggu yang lalu, Senin 16 Januari 2012. Di sore hari ba’da Ashar, saat itu hujan turun dengan derasnya dan cukup lama. Setelah jam menunjukkan pukul 17.00 hujan mulai berhenti dan tinggal rintik-rintik aku bergegas menuju Masjid Nurul Ashri untuk mengikuti kajian tafsir Ustadz Syatori Abdurrauf.

Temanya kali ini adalah tafsir surat An Nur  : 42-43. Kajian sejatinya telah dimulai sejak jam 16.00 sehingga aku hanya mendengar sebagian kecil bahasannya. Saat itu pula aku yang tidak membawa Al Qur’an berterjemahan terbengong-bengong melihat Ustadz Syatori menyampaikan dan menterjemahkan langsung surat An Nur : 42-43 di slide yang beliau tampilkan. Tapi Alhamdulillah yaa… sesuatu banget, ternyata surat tersebut menceritakan tentang hujan, awan, dan angin. Nuansanya pas banget…

Ustadz Syatori menjelaskan bahwa ayat tersebut memaparkan tentang keagungan اللَّهَ pemilik langit dan bumi yang menciptakan hujan. Al Qur’an telah menjelaskan terlebih tentang terjadinya hujan, dari awan, dan angin ini jauh sebelum manusia menemukan teori kondensasi. Bukan sekedar menampilkan teori saja, dari ayat ini kita diminta untuk merenungkan kejadian hujan agar menimbulkan ta’dhim atau perasaan kecil di hadapan اللَّهَ, merenungkan manfaat awan, hujan, dan angin agar menghadirkan hubb atau perasaan cinta, tenang, bahagia karena telah dianugerahkan  nikmat dari اللَّهَ, serta merenungkan akibat dari awan, hujan, dan angin yang akan menghadirkan Khauf atau rasa takut atas bencana dan musibah yang bisa اللَّهَ hadirkan dari hal tersebut.

ya.. itulah sekelumit cerita tentang hujan, angin, dan awan yang  اللَّهَ jelaskan dalam Al Qur’an.
semoga bisa kita ambil hikmahnya dan semakin menambah keimanan kita.

kalo mau lihat, ni link kajiannya http://www.youtube.com/watch?v=v8GKKNkCx5I


jangan lupa ninggalin komennya ya :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s