motivasi · special

yuk… sholat mas !


Gerimis rintik-rintik membasahi halaman masjid Al hidayah. Tikar seukuran 2×2 meter tengah digelar, namun belum tampak seorang pun yang datang di kegiatan belajar sore itu. Satu-satu remaja belia itu akhirnya datang juga dan perbincangan akrab pun segera dimulai.

Pelajaran pertama sore itu adalah ta’aruf  alias perkenalan. Perkenalan yang akhirnya jadi panjang karena obrolan yang ngalor-ngidul, ngulon-wetan. Maklum, banyak anak baru yang ikut dalam belajar sore ini, termasuk ada juga beberapa pengajar baru.

Ambon, nama salah seorang anak baru yang jadi tokoh utama sore ini. Inilah sosok pemuda yang aktif dan interkatif, semangatnya untuk belajar cukup tinggi.  Bondo nekat (Bonek) asli Surabaya ini punya cita-cita ingin seperti Andik Vermansyah, sang pemain bola idolanya.

Sore itu terdapat luka yang cukup menganga di kakinya, katanya akibat jatuh dari kereta  (entah bener atau ngga’). Akhirnya seorang pengajar dengan tulusnya membelikan dan memberikan povidon iodium untuk membersihkan lukanya. Setelah lukanya dibersihkan, kami pun berbincang dan bercerita tentang berbagai pengalaman.

Waktu berlalu semakin senja, langit mulai tampak keunguan, adzan maghrib pun berkumandang. Bincang-bincang sore itu dicukupkan, dan kami pun beranjak untuk sholat dan mengajak para pemuda jalanan ini untuk bersama-sama menunaikan kewajiban.  “Yuk, sholat mas !  ^_^ ”  Responnya macam-macam ada yang bersedia, menolak, bahkan lari sembunyi-sembunyi.

Dari beberapa yang diajak, hanya empat pemuda yang bersedia. diantaranya si Ambon dan hey… ada pemuda yang aku pernah ceritakan dulu : Joko alias Muhammad Joko Mania. Dua lainnya aku agak lupa namanya. Ini sholat pertama mereka setelah bertahun-tahun tidak pernah sholat.

Mereka dipinjamkan baju dan sarung, belajar berwudhu, sholat sunnah, dan menjadi makmum dalam sholat berjamaah.

Ini foto mereka saat mau sholat, gagah dan tampan.

setelah selesai sholat ditanya bagaimana perasaannya.
“enak mas.” jawab Ambon
“lumayan jadi adem mas.” jawab Joko yang dulu pernah di baptis di Semarang.

#GKM Pejuang Jalanan

2 thoughts on “yuk… sholat mas !

jangan lupa ninggalin komennya ya :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s