kampuz

Bangkitnya Gerakan Filantropi Mahasiswa


 Sejarah telah mencatat, para mahasiswa adalah penggerak perubahan. Soekarno dan M. Hatta adalah sedikit contoh dari banyak mahasiswa generasi pertama bangsa ini yang berperan penting dalam mewujudkan kemerdekaan Indonesia.

Begitu pula saat bergulir revolusi tahun 1965, mahasiswa menjadi garda terdepan dalam memperjuangkan hak-hak warga sipil yang menjadi korban atas konflik yang melibatkan pemerintah, TNI, dan PKI.

Perjuangan mahasiswa masih terus berlanjut. Reformasi pada tahun 1998 menjadi tahun kebangkitan mahasiswa. Mahasiswa berperan besar dalam menjatuhkan rezim yang telah 32 tahun berkuasa di Indonesia.

Mahasiswa dari masa ke masa memiliki karakter yang berbeda. Jika pada masa awal reformasi banyak mahasiswa yang semangat berdemo guna menyampaikan setiap aspirasi dan sikap kritisnya, kini tidak lagi. Mahasiswa zaman ini lebih senang belajar di kampus dan menggunakan waktu luangnya untuk refreshing. Hal ini disebabkan oleh sistem pendidikan di perguruan tinggi yang lebih padat dan menuntut mahasiswa untuk lulus cepat.

Dampak positifnya mahasiswa akan lebih banyak mengkaji keilmuannya secara spesifik sehingga memiliki peluang untuk menjadi pakar di bidangnya. Namun, dampak negatifnya, banyak muncul mahasiswa oportunis yang mejadikan IPK sebagai orietasi, serta kurang peka terhadap permasalahan yang ada di sekitarnya karena minim interaksi.

Terlepas dari keberadaan mahasiswa oportunis maupun hedonis yang gemarnya kongkow-kongkow, masih ada sebagian kecil mahasiswa yang tetap memegang peran strategisnya sebagai agent of change, moral force, iron stock, dan social control. Mereka inilah yang sering kita sebut sebagai aktivis mahasiswa.

Meskipun kini demonstrasi yang dilakukan tidak lagi sesering dahulu, Sikap kritis para aktivis mahasiswa terhadap permasalahan sosial dan kebijakan pemerintah tetaplah tidak berkurang. Bukan aktivis namanya jika kehilangan kreasi dalam menyampaikan aspirasinya. Selain menggunakan cara-cara lama (demo) sesekali, sikap kritis kini mulai dikemas dengan gaya berbeda yakni melalui kajian, diskusi, dan dialog tokoh. Selain itu sebagai bentuk aksi nyata, mahasiswa mulai berinteraksi langsung ke masyarakat, mencoba membantu menyelesaikan masalah melalui gerakan filantropi.

Filantropi berasal dari bahasa Yunani, yaitu dari kata philen yang artinya cinta dan anthropos yang artinya manusia. Jadi secara bahasa, filantropi dapat diartikan sebagai tindakan seseorang yang didasari cinta terhadap sesama manusia sehingga ia mau menyumbangkan waktu, uang, dan tenaganya untuk menolong orang lain.

Adalah Indonesia Mengajar, salah satu yang menginspirasi munculnya berbagai gerakan filantropi di kampus-kampus di Indonesia. Filantropi sebenarnya bukanlah hal yang baru di dunia mahasiswa. Filantropi selama ini kita kenal sebagai ‘kegiatan kerelawanan’. Hal ini merupakan salah satu peran strategis mahasiswa sebagai agent of change.

Gerakan filantropi memiliki beragam spesifikasi, bisa berupa pendidikan, pengajaran, keterampilan, pendampingan usaha masyarakat, maupun berbagai kegiatan lain yang berorientasi pengabdian.

Melalui gerakan filantropi yang diinisiasi oleh kalangan mahasiswa ini, dibangun semangat kepedulian terhadap permasalahan yang ada di masyarakat terutama masyarakat miskin. Filantropi memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengaplikasikan solusi kongkrit yang ia miliki guna menyelesaikan permasalahan di masyarakat yang terkadang belum tersentuh oleh pemerintah.

Diharapkan dengan bangkitnya gerakan filantropi di kalangan mahasiswa ini, sinergi antara masyarakat dan mahasiswa akan terjalin lebih kuat dan terasa manfaatnya. Selain itu, secara tidak langsung gerakan filantropi ini juga turut membantu upaya pemerintah dalam mengurangi problem sosial.

2 thoughts on “Bangkitnya Gerakan Filantropi Mahasiswa

jangan lupa ninggalin komennya ya :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s