kontemplasi

cari amanah vs cari aman(aah)…


Ada yang bilang, hukum kekekalan amanah itu pasti berlaku selama kita masih hidup di dunia. Bener ga’ sih ? hmm… minimal amanah sebagai khalifah di muka bumi, yang ini sudah pasti bener.

Di dalam kehidupan bermasyarakat, amanah didefinisikan sebagai tanggung jawab yang dipikul oleh seseorang untuk mengorganisir kerja-kerja kebaikannya. Amanah bisa berupa posisi strategis di lembaga atau organisasi dalam jangka waktu tertentu. Dengan amanah, seseorang akan belajar membentuk kepribadiannya. Belajar bertanggung jawab, sabar, setia, dan sebagainya. Mengemban amanah itu memang susah, karena konsekuensinya setiap pengemban amanah akan diminta pertanggung jawabannya langsung di hadapan Allah kelak.

Namun, fenomena yang kita lihat sekarang banyak sekali orang yang menyelewengkan amanahnya. Entah itu buat korupsi, ketenaran, kekayaan, dan sebagainya. Pantaslah yang difirmankan Allah dalam Al Qur’an :

innaa ‘aradhnaa al-amaanata ‘alaa alssamaawaati waal-ardhi waaljibaali fa-abayna an yahmilnahaa wa-asyfaqna minhaa wahamalahaa al-insaanu innahu kaana zhaluuman jahuulaan

Sesungguhnya Kami telah mengemukakan amanat kepada langit, bumi dan gunung-gunung, maka semuanya enggan untuk memikul amanat itu dan mereka khawatir akan mengkhianatinya, dan dipikullah amanat itu oleh manusia. Sesungguhnya manusia itu amat zalim dan amat bodoh (Qs. Al-Ahzab : 72)

jadi lebih milih cari amanah atau cari aman(aah) ?

Tentang hal ini Rasulullah punya jawabannya.

“Wahai Abdurrahman bin Samurah, janganlah engkau meminta kepemimpinan. Karena jika engkau diberi tanpa memintanya, niscaya engkau akan ditolong (oleh Allah dengan diberi taufik kepada kebenaran). Namun jika diserahkan kepadamu karena kepemimpinanmu, niscaya akan dibebankan kepadamu (tidak akan ditolong)” (HR. Bukhari Muslim).

Sobat, sejujurnya tulisan ini  materinya berat banget, sampe sulit buat dilanjutkan… Mungkin perlu ikut kajian yang komperhensif dulu agar bisa  membahasnya lebih mendetail.

Akhirnya, semoga ini bisa menjadi pengingat bahwa kita hidup di dunia ini tak lepas dari amanah. Mari kita niatkan untuk selalu berusaha melakukan yang terbaik dalam menjaga setiap amanah kehidupan kita.

jangan lupa ninggalin komennya ya :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s