curhat · istimewa

7 Tokoh Paling Berpengaruh


Jika Michael H. Hart pernah menulis 100 tokoh paling berpengaruh di dunia. Aku punya hal serupa “7 tokoh paling berpengaruh” di kampus UGM bagi seorang Imam Wibisono. Yup… Ini tentang sebuah appreciate untuk orang-orang yang pernah dan masih membersamaiku, yang telah memberi banyak inspirasi di sepanjang perjalananku di kampus UGM.

# nama disamarkan karena ga’ ada yang jadi sponsor. Kalo penasaran, silahkan tebak. =D

1. cak AM

Maskam menjadi tempat pertama aku bertemu dengannya. Pembawaannya tenang dan bersahaja, meskipun sesekali suka humor juga. Dia orang lapangan yang senang bekerja keras-keras, namun tetap lembut dalam setiap obrolannya. Dialah orang yang senantiasa mengingatkan nilai-nilai ketuhanan dalam bingkai kemanusiaan. Motivasinya, nasehatnya, inspirasinya, perilakunya, seperti memberikan sengatan listrik di sel-sel tubuhku, membangitkan semangat lebih untuk member semangat untuk senantiasa menjadi manfaat.

2. bang PA

Dia itu orangnya memang inspiring banget. Dia sosok yang cerdas, Dilihat dari IPK dan prestasinya, dia oke punya. Dia juga jago main bola. Dia  juga pernah menjabat sebagai CEO dari sebuah kelompok ilmiah mahasiswa yang aku ikuti. Namun, bukan hal itu yang membuat dia teramat menginspirasi. Tapi, lebih-lebih dari tulisan-tulisan yang ia terbitkan secara istiqomah, baik karya tulisnya maupun catatan hariannya. Apapun yang ditulisnya pasti selalu enak buat dibaca. Meskipun dia bukan seorang penulis terkenal, meskipun dia bukan seorang wartawan, tapi gaya penulisannya yang santai itu selalu mengena. Ia selalu saja bisa memikat perhatian para pembaca setianya, termasuk aku.

Sengaja ga’ sengaja aku pun menjadi “murid” dari gaya kepenulisan abang yang satu ini. Seringkali aku singgah ke pondok mayanya cuma sekedar untuk menengok tulisannya dan mencari inspirasi untuk mengembangkan tulisanku. Meskipun sampai sekarang tulisanku tetap saja belum bisa sekeren tulisannya. yup… abang ini selalu jadi inspirasiku biar bisa nulis dengan istiqomah.

3. mba’ MTQ

Singkatannya jadi mirip Musabaqah Tilawatil Qur’an, he..he.. semoga beliau beneran jago baca Qur’an.  Mba’ ini kakak tingkat se-program studi yang pertama kali aku kenal. Meskipun kakak2 “ikhwah’ yang lain bilang dia jutek dan gampang marah, bagiku dia baik tuh. Orangnya smart dan penuh motivasi. Dia juga jadi mahasiswa terbaik di jurusan saat kelulusannya. Untuk masalah akademik seringkali ia menjadi referensiku. Sifat kemauan keras, pantang menyerah, dan keberaniannya itu keren banget dah.

4. bos AK

Ini salah satu guru menulisku di awal masa kuliah. Dia adalah kadepku di salah satu lembaga mahasiswa… (sebenarnya lebih mirip kakak pemandu yang selalu mengajak bermain). Kami memanggilnya ‘bos’ karena dia selalu memanggil kami dengan sebutan ‘bocah’. Dan hampir pasti, kami tidak bisa menolak apa yang dia instruksikan. Bukan karena terpaksa, tapi karena selalu ada hal menarik yang membuat kami tak bisa menolak.

Dia yang mengajari kami agar berani menumpahkan ide, gagasan, apapun lewat tulisan. Lewat media apapun; buku, blog, mading, semua tempat bisa untuk mencoret-coret. Dia adalah satu-satunya bos yang sering banget memberi hadiah. Dia pernah memberiku buku Inspiratif Kick Andy, coklat Van Houten, dsb.

Si Bos yang juga merupakan putri dari seorang tokoh umahat nasional ini juga punya sifat yang unik, kreatif, dan gokil. Dia hafal jumlah anak tangga setiap gedung yang ada di Faperta, dia punya koleksi kosakata dari berbagai bahasa. Dan yang paling unik dia dapet jodoh keturunan orang Jepang. Sesuatu yang langka.

5. mas AJ

Meskipun ternyata aku dan dia berasal dari satu daerah, aku lebih nyaman memanggilnya mas. Karena style dia yang berbeda dengan sebagian besar orang Sumsel di Jogja yang aku kenal. Hmm… Kalo kamu tau nama asli mas yang satu ini, agak-agak unik. Agak kebarat-baratan gitu.

Dia adalah seorang presiden dengan tipe Golden ways yang pernah aku kenal. Seorang leader sekaligus seorang manager. Cara berkomunikasinya sangat baik, tegas, lugas, dan jelas. Dia seorang motivator yang berkelas, meskipun ketika humor sering ga’ jelas. Sebuah kalimat cerdas yang selalu kuingat darinya : “Jika kamu merasa energimu telah habis, bahkan sampai ke titik terendah, maka memintalah kepada sang Maha pemilik energi tersebut.” super sekali dah.

6. mba’ WW

Kalo mba’ yang ini bener-bener aktivis yang wartawan. Dulu dia pernah menjadi aktivis di lembaga pers Balairung, koran Tempo, dan sepertinya sekarang beliau ada di Media Indonesia. Awal kenal dengannya, orangnya pendiem, kadang terlihat aneh, suka bingung dan kikuk sendiri, tapi lama-kelamaan ternyata seru juga. Mba WW punya potensi pers yang luar biasa. Dia yang mengenalkan aku tentang dunia pers yang sesungguhnya. Bukan sekedar tulis menulis, tapi mulai dari hulu sampe hilir. Mulai dari mencari berita, mengolah berita, mengemas berita, sampai menerbitkan berita.

Bersamanya, aku dan beberapa teman bisa sampai berinteraksi dengan orang-orang yang ada dibelakang Tabloid Angkasa dan Pro U media. Bersamanya juga tulisan kami bisa narsis di koran nasional Media Indonesia. Sesuatu yang bikin aku bisa bilang “Wow” pada zaman itu.

7. bro SK

Ini temen sekelompok waktu ospek dan teman selingkaran aku yang berubah cukup pesat. Awalnya yang kukenal, dia itu anak band, rapper, dan jago PS banget. Tapi dengan cepat, dia berubah jadi alim banget, hafalannya makin banyak, dan makin ngihwah. Meskipun dia jarang banget berinteraksi dengan komunitas ikhwah kampus, kalo menurutku aura ngihwahnya itu lebih kerasa dibanding yang sering syuro. Ha..ha.. subjektif sih.

Yang aku bangga dari dia, dia ga’ terjebak pada kotak-kotak gerakan DK. Selalu wara’ dalam ucapan dan sikapnya. Dia ga’ banyak bicara tapi konkret mengaplikasikan amalannya, nasehatnya tercermin dari perilaku kesehariannya. Sosok pemimpin umat masa depan deh. Btw… bro SK masih minat jadi PNS ga ? kalo ya… semoga bisa jadi kepala dinas pertanian deh, biar pertanian kita bisa madani.

_________________________________________________________________________________________

Nah, itulah “7 tokoh paling berpengaruh” di kampus UGM versi Imam. Bagaimana dengan kamu sobat ? Apa kamu juga punya tokoh-tokoh yang berpengaruh di kehidupanmu juga ? Silahkan kirimkan pada kolom komentar dibawah ini.

oh ya… Bagi ketujuh pemenang, hadiah berupa pahala silahkan diambil nanti di yaumil akhir. Semoga beruntung. =D

*Jazakumullah yaa Akhina wa Ukhtina atas pengaruh baik yang telah engkau berikan. =)

5 thoughts on “7 Tokoh Paling Berpengaruh

    1. sip..sip… tebak2 buah manggis. ^^
      wah… ini dgn siapa nih ? sy main ke blognya trnyata masih original. welcome to wordpress =D

jangan lupa ninggalin komennya ya :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s