iptek · special

Azalia, Bunga yang Ku Cinta


Pertama kali mendengarnya pagi ini, nama yang jelita itu langsung membuatku penasaran. Azalia, nama yang memang seindah wujudnya. Maha besar Allah yang telah menciptakan makhluk nan indah yang menyejukkan pandangan. Pantaslah jika Aden, sang penyanyi bersuara emas itu menjadikannya sebagai inspirasi sebuah lirik lagu yang dibawakan oleh soloist Ali Sastra.

Bunga dari keluarga Ericaceae dan genus Rhododendron ini memanglah istimewa. Ia hanya tumbuh di sebagian dataran tinggi Asia timur dan Amerika Utara. Bunganya yang mekar merekah hanya dapat disaksikan pada awal musim panas sekitar bulan Juni. Di Jepang dan Korea, Azalia dikenal dengan nama tsutsuji [ つつじ]. Di sana, Azalia disimbolkan untuk orang-orang yang berhati lapang dan penuh kesabaran.

Sepintas kelopak bunga Azalia terlihat seperti kembang Sepatu (Hybiscus rosaceae). Warnanya yang merah keunguan membuatnya berkilau sempurna saat berbaur dengan terpaan cahaya matahari. Azalia memang memerlukan kondisi lingkungan dengan cahaya matahari penuh untuk dapat berbunga. Namun selain itu ia juga memerlukan kelembaban yang tinggi agar pertumbuhannya lebih mempesona. Itulah mengapa Azalia hanya dapat tumbuh baik jika berada di dataran tinggi. Di Indonesia, kita dapat menemukan Azalia di daerah Cianjur, Jawa Barat.

Maha besar Allah yang telah menciptakan Azalia yang begitu indah dengan segala filosofinya.
Kabarnya Aden Edscoustic katanya sedang merilis novel berjudul ‘Azalia’, novel yang juga terinspirasi dari bunga ini. Semoga karyanya kelak mampu menginspirasi setiap orang yang membacanya.

4 thoughts on “Azalia, Bunga yang Ku Cinta

  1. azalia memang indah, subhanalloh …
    lirik lagu, irama, dan suara lagu azalia juga indah …

    pengen lagunya bisa di dapat dmna ya ? hehe

jangan lupa ninggalin komennya ya :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s