Islam · istimewa

#Zakat is Solution


Malam tadi bulan tampak telah tertutup separuh. Tak terasa Ramadhan 1433 H sudah hampir sampai dipenghujungnya. Sudah seberapa banyak dan baik nih amalan yang kita lakukan di bulan ini ?

Di penghujung bulan ramadhan ada satu kewajiban yang harus dilaksanakan oleh umat islam yaitu membayar Zakat Fitrah. Mulai dari bayi yang baru lahir, sampai kakek-nenek dikenai kewajiban membayar zakat fitrah ini.  Hal ini dijelaskan oleh hadist yang riwayatkan oleh Al Bukhary, Abu Daud, dan An Nasa’i : “Rasulullah telah mewajibkan zakat fitrah satu sha’ dari kurma atau satu sha’ dari sya’iir atas seorang hamba, merdeka, laki-laki, wanita, anak kecil dan orang dewasa dari kaum muslimin dan beliau memerintahkan agar di tunaikan sebelum manusia keluar untuk salat ‘ied.”

Zakat sendiri berasal dari zaka ya zuku yang artinya bertambah, berkembang, suci, berkah. Zakat merupakan bagian dari hak Allah yang harus kita berikan kepada orang yang membutuhkan. Allah berfirman dalam surat At Taubah ayat 103 : “ Ambillah zakat dari harta mereka, guna membersihkan dan mensucikan mereka, dan berdoalah kepada mereka. Sesungguhnya doamu itu menumbuhkan ketentraman jiwa bagi mereka. Allah maha mendengar lagi maha mengetahui.”

Pada surat At Taubah ayat 60, Allah menjelaskan mengenai sasaran zakat fitrah. Yang berhak mendapatkan zakat fitrah adalah orang fakir, orang miskin, amil zakat, mualaf (orang yang baru masuk islam),  untuk memerdekakan hamba sahaya, untuk orang yang sedang berjihad di jalan Allah, orang yang sedang dalam perjalanan, serta untuk membebaskan orang dari hutang. Para ulama berpendapat bahwa zakat fitah boleh dipergunakan untuk melunasi hutang selain hutang karena maksiat (judi, boros, mabuk-mabukan, dsb) kecuali mereka bertaubat dengan sebenar-benarnya.

Rasulullah juga menegaskan bahwa orang yang membayar zakat fitrah dan berpuasa di bulan Ramadhan akan tersucikan dirinya dari kesia-siaan yang pernah dibuatnya, serta dari perkataan keji yang mungkin pernah terucap olehnya. Selain itu, zakat fitrah juga menjadi solusi untuk memberi makanan bagi fakir miskin agar mereka dapat turut merasakan sukacita di hari raya Idul Fitri.

Di dunia pun zakat juga menuai manfaat bagi pelakunya. Zakat, infak, dan sedekah turut menghindarkan kita dari marabahaya. Mungkin suatu ketika kita pernah terhindar dari sebuah kecelakaan atau peristiwa buruk yang mengancam kita, percayalah bahwa hal itu karena Allah menyelamatkan kita atas zakat, infak, dan sedekah yang pernah kita lakukan. Meskipun kecil nilainya.

Tentang hal tersebut, Allah berfirman  dalam surat Al Maidah ayat 11 : “Wahai orang-orang yang beriman ! Ingatlah nikmat Allah yang diberikan kepadamu, ketika suatu kaum bermaksud menyerangmu dengan tangannya, lalu Allah menahan tangannya dari kamu. Dan bertakwalah kepada Allah, dan hendaknya kepada Allah-lah hendaknya orang-orang beriman itu bertawakal.”

Nah sobat, betapa zakat memberikan banyak manfaat untuk kehidupan kita di dunia maupun di akhirat. Maka dari itu mari segera berzakat agar Ramadhan kita kali ini berakhir sempurna. Jangan sampai lupa ya..!

#Zakat-Is-Solution

jangan lupa ninggalin komennya ya :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s