event · Islam

Idul Adha Kelima


Semoga tulisan ini ga’ telalu basi buat di posting, hmm semoga nggak yaa… ini kan masih di bulan Dzulhijah. =D

Ini cerita tentang lebaran Idul Adhaku yang kelima di Jogja. Dulu, tahun pertama dan tahun kedua di jogja, aku ikut lebaran Idul Adha bersama rombongan kampus, lalu tahun ketiga dan keempatnya ikut lebaran di daerah kost, Kampung Klebengan bersama para jamaa’ah Masjid Al Muslimun, dan tahun ini  aku ikut lebaran Idul Adha bareng PPPA Daarul Qur’an.

Bisa dibilang ini Idul Adha yang aktivitasnya super banget. Kalo biasanya kita yang jadi panitia Idul Adha cuma fokus di satu daerah saja, nah ini fokusnya malah di banyak daerah. Memang agendanya tak serumit dikampus yang ada tambahan baksos, pelayanan kesehatan, dan lain-lain, acara qurban bareng PPPA DaQu hanya penyembelihan hewan qurban saja. Di moment ini, aku mendapat tugas untuk membantu memonitor penyembelihan hewan qurban di Kokap-Kulon Progo, dan Pathuk-Gunung Kidul.

Penyembelihan hewan qurban di kokap dilaksanakan pada hari tasyrik tanggal 12 Dzulhijah. Tempatnya lumayan jauh dari kota dan rutenya cukup menantang. Untuk bisa sampai kesana kita harus melewati jalan yang berkelok-kelok dan terjal.  Di Kokap terdapat sebuah rumah tahfidz yang ditunjuk sebagai tempat menyalurkan hewan-hewan qurban ke masyarakat, namanya Rumah Tahfidz Nurul Qur’an. Pada hari-hari biasa, rumah tahfidz Nurul Qur’an menjadi tempat pendidikan Al Qur’an yang nyaman bagi santri-santrinya dan masyarakat sekitar yang mau belajar Al Qur’an. Di Kokap juga terdapat kampung mualaf yang kini jumlah warganya semakin meningkat. Artinya, dahulu disini banyak orang yang diberi Allah hidayah buat memeluk Islam. Subhanallah… Rumah Tahfidz Nurul Qur’an beserta masjid sekitar turut bekerjasama mengawal para mualaf ini untuk belajar islam lebih baik.

Esok harinya, tanggal 13 Dzulhijah 1433 H. Aku berpindah ke Pathuk-Gunung Kidul untuk mengikuti acara penyembelihan di sana. Untuk mencapai Pathuk kita juga harus melalu jalan yang juga berkelok dan tajam mirip saat pergi ke Kokap, tapi bedanya di Pathuk suasananya lebih ramai, karena Pathuk merupakan jalur utama wisata menuju pantai-pantai yang ada di Gunung Kidul.

Penyembelihan hewan di Pathuk dilakukan di Pondok Pesantren Modern Al Mumtaz. Bersama-sama dengan masyarakat sekitar, PPPA DaQu dan pengurus pondok melaksanakan penyembelihan tepat pukul 8.00 wib. Acara ini ramai dihadiri oleh masyarakat sekitar mulai dari anak-anak sampai orang tua.

Tahun ini merupakan pertama kalinya PP Modern Al Mumtaz melaksanakan penyembelihan hewan qurban, karena pada dasarnya, PP Modern Al Mumtaz sendiri baru resmi berdiri pada bulan Juni 2012 lalu. “Ini juga merupakan sarana untuk memperkenalkan dan mempererat hubungan baik PP Modern Al  Mumtaz dengan masyarakat sekitar.” tutur Ustadz Indra, penanggung jawab PP Modern Al Mumtaz.

    

Tak kalah mulia dengan misi yang dibawa oleh Rumah Tahfidz Nurul Qur’an di Kokap-Kulon Progo, PP Modern Al Mumtaz juga berniat untuk membumikan Islam dan Al Qur’an di kalangan masyarakat sekitar pondok. “Meskipun masyarakat di sana mayoritas muslim, tapi sebagian besar hanya ‘Islam KTP’ dan sedikit yang sholat. Al Mumtaz ingin supaya masyarakat lebih mengenal agama ini dan bisa berislam secara benar” tutur Ustadz Arifin, salah satu pengajar bahasa arab PP Modern Al Mumtaz.

Alhamdulillah dua hari penyembelihan hewan qurban ini lumaya banyak memberi pencerahan buatku, bahwa sesungguhnya masih banyak saudara kita yang membutuhkan. Bukan hanya sekedar daging qurban yang dibagi gratis tiap setahun sekali ini, tapi mereka juga membutuhkan pendampingan, kasih sayang, dan rasa cita agar bisa menjadi sebenar-benar muslim.

jangan lupa ninggalin komennya ya :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s