motivasi

it is all about motivation


sunrise1

Kehidupan selalu dipenuhi dengan dinamika. Suka, duka, sedih, senang, senantiasa bergantian hadir dalam hidup kita. Ketika kita bisa menikmatinya dan mensyukurinya, hidup menjadi indah adanya.

Seringkali dalam kehidupan kita dihadapkan pada pilihan-pilihan yang membuat kita harus bekerja ekstra dibanding biasanya. Pada saat  kita terjatuh seringkali ada setitik harapan yang mendorong kita untuk bangkit, pun ketika kita ingin mencapai suatu impian seringkali ada dorongan kuat yang membuat kita harus bergerak, entah dari dalam diri sendiri, dari orang lain, maupun dari peristiwa di sekitar kita. Inilah yang disebut motivasi.

Dalam tabloit intisari, dikategorikan terdapat 7 macam motivasi yang seringkali menjadi kekuatan pendorong bagi seseorang.

  • Motivasi prestasi. Motivasi ini fokus pada pencapaian tujuan. Motivasi ini membentuk dasar bagi kehidupan yang baik, memberikan motivasi kepribadian dinamis dan menghormati diri sendiri. Orang biasanya menetapkan target yang dicapai tidak terlalu sulit dalam pencapaian. Dengan melakukan ini, mereka memastikan melakukan tugas-tugas yang bisa mereka capai.
  • Motivasi peningkatan diri. Motivasi yang didapatkan dari dalam diri sendiri ketika anda tidak mendapatkan motivasi dari luar. Motivasi diri adalah kemampuan untuk memenuhi keinginan, harapan, atau tujuan tanpa dipengaruhi oleh orang lain. Motivasi diri penting untuk mencapai kesuksesan dalam pekerjaan dan kehidupan pribadi. Menurut hirarki kebutuhan Maslow, orang memiliki kebutuhan manusia diatur dalam tangga lima langkah. Sebelum lebih tinggi tingkat kebutuhan diaktifkan, tingkat kebutuhan lebih rendah harus dipenuhi. Dalam urutan, kebutuhan bersifat fisiologis, keamanan, sosial, harga diri, dan aktualisasi diri.
  • Motivasi ekstrinsik. Bentuk motivasi yang memanifestasikan dirinya positif serta negatif. Motivasi positif muncul dalam bentuk hadiah atau mengobati. sedangkan motivasi negatif  dapat dimanifestasikan dengan cara memeras atau mengancam. Motivasi ekstrinsik berlaku pada kedua kasus dan efektif.
  • Motivasi takut. Ketakutan juga merupakan salah satu motivasi. Kita “takut” mengemudi di sisi jalan yang salah. Kita takut berjalan terlalu dekat dengan tepi tebing. Kita takut bahan kimia beracun. Ketakutan ini memotivasi kita untuk membuat keputusan yang baik soal keselamatan kita. Tapi jangan biarkan menjadi kebiasaan yang dapat mengendalikan kita. Jika kita tidak bisa melawan dengan cara positif, lakukan secara kreatif.
  • Motivasi investasi. Penting untuk menginvestasikan diri secara fisik, emosional, dan finansial dalam suatu tugas. Semakin diinvestasikan dalam suatu tugas, semakin besar kemungkinan ia akan mampu melakukan pekerjaan dengan baik dan lengkap. Contohnya, jika mimpi menjadi seorang penyanyi, ia harus memiliki komitmen total dalam mencapai tujuan ini. Ia perlu bekerja keras pada apa yang ingin dicapai.
  • Motivasi sosial. Banyak orang menganggap kehidupan sosial mereka sebagai motivasi terbesar mereka. Teman-teman mereka adalah motivator terbaik mereka. Ide untuk diterima di antara sekelompok orang adalah motivasi untuk mencapai tujuan hidup. Penelitian menunjukkan bahwa siswa cenderung dipengaruhi motivasi sosial untuk melakukan tugas-tugas seperti itu untuk menyenangkan orang-orang yang mereka kagumi atau hormati.
  • Motivasi sikap. Jika Anda berpikir positif, Anda bisa mencapai hal-hal yang kadang dianggap tidak realistis oleh orang lain. Sikap positif membantu Anda membangun hubungan yang kuat dan tetap termotivasi. Jika Anda memiliki tujuan dalam pikiran namun kurang motivasi, cobalah miliki sikap positif. Ini akan menaikkan motivasi anda sendiri.

Seorang manusia tentulah memerlukan motivasi dalam hidupnya, agar kehidupannya lebih berdaya, positif, dan ada kemajuan.  Aku teringat kata salah seorang leaderku dulu ” Saya tidak akan memotivasi kalian untuk menjadi sukses,  karena ketika saya tidak bisa memotivasi lagi, maka kalian akan kehilangan pashion. Yang penting kalian bekerja saja dengan baik, dan renungkan apa yang harus kalian kerjakan.”  Meskipun kedengarannya tidak bersahabat, kalimat itu adalah sebuah motivasi sobat. coba renungkan dalam-dalam.

Intinya tak perlu melulu mencari motivasi dari luar, apalagi sampai harus ikut training motivasi. Motivasi terbaik tetaplah berasal dari dalam diri sendiri. berlatih untuk membangun motivasi akan memotivasi diri kita dengan sendirinya.

Kalo kata Rasulullah. “Innamal a’malu binniat. wainnama likulli ri immannawa.”  sesungguhnya setiap perbuatan itu tergantung niatnya, dan sesungguhnya setiap orang mendapatkan sesuai apa yang diniatkan. So, jadikan niat sebagai motivasimu sobat.

jangan lupa ninggalin komennya ya :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s