kontemplasi

Reflecto


Menemani malam yang sejuk teriring sebuah petuah dari laki-laki berwajah menyenangkan :

“Kehidupan manusia itu bagai titik-titik kecil… kau bayangkan sebuah kolam luas. Kolam itu tenang, saking tenangnya terlihat bagai kaca. Tiba-tiba hujan deras turun. Kau bayangkanada bermilyaran bulir air hujan yang jatuh di atas air kolam, membuat riak.

Miliaran rintik air yang terus menerus berdatangan, membentuk riak, kecil-kecil memenuhi seluruh permukaan kolam.

Begitulah kehidupan ini bagai sebuah kolam raksasa, dan manusia bagai air hujan yang berdatangan terus menerus, membuat riak. Riak itu adalah gambaran kehidupannya…

Siapa yang peduli dengan sebuah bulir air hujan yang jatuh ke kolam menit sekian, detik sekian ? Ada miliaran bulir air hujan lain, bahkan dalam sekejap riak yang ditimbulkan tetes hujan barusan sudah hilang, terlupakan, tak tercatat dalam sejarah.

Siapa yang peduli dengan anak manusia yang lahir tahun sekian, bulan sekian, tanggal sekian, jam sekian, menit sekian, detik sekian. Ada milyaran manusia, dan bahkan dalam sekejap, nama, wajah, dan apalah darinya segera lenyap dari muka bumi. Ada seribu kelahiran dalam setiap detik, maka siapa yang peduli dengan kau ?

Ah, itu jika kau memandang kehidupan dari sisi yang amat negatif. Kalau kau memahaminya dari sisi positif, maka kau akan mengerti ada yang peduli atas bermiliar-miliar buòtir air yang membuat riak tersebut.peduli atas riak-riak yang kau timbulkan di atas kolam, sekecil atau sekejap apapun riak itu.
Dan saat kau menyadari ada yang peduli, maka kau akan selalu memikirkan dengan baik semua keputusan yang akan kau ambil. Sekecil apapun itu, setiap perbuatan kita memiliki sebab akibat.”

*dikutip dari novel ‘Rembulan Tenggelam di Wajahmu’ hal.82

jangan lupa ninggalin komennya ya :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s