istimewa

Lamar dan Nikahilah Bisnismu !


Sore ini langit tampak terang benderang, tak seperti biasanyan yang selalu hujan. Sinar matahari sore ini terlihat malu-malu mengintip dari balik awan di langit Bogor,  Sunset yang tersamar.

Hari ini, kami baru saja mengakhiri  materi full day bertema “Pembentukan Usaha” oleh Dr. Elang Ilik Martawijaya, pengusaha gurame lahan sempit sekaligus komisaris percetakan IPB Press. Tema yang sangat tepat untuk para calon pengusaha yang baru mau memulai bisnis.

Ada nasehat unik yang disampaikan oleh pak Elang Ilik tentang sukses berbisnis. “Jika ingin sukses berbisnis, maka nikahilah bisnis, jangan hanya dijadikan pacar.” Apa maksudnya ? Dari statement ini aku mengambil kesimpulan bahwa, berbisnis itu ibarat menikah dengan pasangan yang kita cintai. Harus ada keseriusan, kesetiaan, dan komitment kuat dalam menjalankannya jika kita ingin mencapai bisnis yang sukses dan barakah. 

Prinsip dalam memilih pasangan hidup (istri) ~bukan pacar~ ini perlu dilakukan dalam memilih bisnis. Artinya dalam memilih bisnis kita juga harus memperhatikan bibit, bebet, dan bobotnya. Hal ini karena kita tentunya mengharapkan bisnis yang langgeng dan menyenangkan di masa-masa yang akan datang.

 Dalam memilih bisnis ada 5 hal yang perlu diperhatikan: (1) Adanya peluang, (2) adanya sumber daya yang dimiliki, (3) ada networkingnya, (4) ada kepercayaan atau trust, dan (5) berdasarkan passion atau hobi.

Bisnis hanya akan berjalan dengan baik jika terjadi perpaduan antara niat dan keinginan, ide bisnis, dan model bisnis yang dibuat. Jika dibuat bagannya seperti ini :

Image

Setelah kita telah mengenal bibit, bebe, dan bobot dalam bisnis kita, maka yang selanjutnya kita lakukan adalah berupaya agar bisnis tersebut dapat kita miliki dan kita lakukan. Hal ini tentunya perlu persiapan yang matang dan penuh keberanian.

Teringat motivasi dari Pak Elang Ilik : “Jika ingin menjadi orang sukses harus biasa melakukan pekerjaan orang-orang sukses.”

You are the best, you can !
Yes, We are the best we can !!

 

jangan lupa ninggalin komennya ya :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s