istimewa

Kerja atau Usaha


Akhir-akhir ini aku sering menghubungi teman-teman lamaku, baik via telpon, chat facebook, maupun whatsapp. Obrolan kami biasanya seputar kabar dan kondisi kerjaan. Teman-teman lamaku ini bervariasi, ada yang berprofesi sebagai pengusaha, maupun pekerja kantoran.

Kalo ngobrol dengan pengusaha biasanya suasananya jadi hidup, banyak ide-ide segar terpancar, info-info baru, serta tukar menukar jaringan. Meskipun masih sama-sama pengusaha baru yang belum punya duit banyak, tapi obrolan mengalir seru dan penuh ide-ide kreatif.

Berbeda halnya jika mengobrol dengan teman yang berprofesi sebagai pekerja kantoran, kebanyakan mereka lebih memilih untuk tidak membicarakan pekerjaannya dan mengalihkan pembicaraan ke rencana-rencana reuni atau kumpul bareng. Kalaupun ada yang mebicarakan tentang pekerjaannya biasanya tak jauh dari keluh kesah, dan kebosanan mereka bekerja, atau minta info tentang lowongan di perusahaan lain yang lebih bonafit. Meskipun begitu tak menutup kemungkinan, ada juga beberapa teman yang sangat-sangat mencintai pekerjaannya.

Pernah suatu ketika ada teman yang berprofesi sebagai karyawan di sebuah perusahaan curhat padaku, katanya dia bosan kerja di perusahaan yang ia ikuti karena tidak bisa berkembang dan sering merasa tertekan karena target yang dipasang oleh perusahaan. Akhirnya aku tanyakan, dia pengennya gimana ? “aku pengen wirausaha” ujarnya. Mendengarnya aku cukup antusias, dan mulai mengarahkan pembicaraan ke hal-hal yang berbau bisnis.
Tapi tiba-tiba dia berkata, “tapi gimana ya ? modalku kok rasanya belum cukup.” ujarnya.
“Emang gajimu sekarang per bulan berapa ?” tanyaku lagi. kemudian dia menjelaskan nominalnya.
“menurutku itu lumayan cukup.” ujarku. “Belum mam, masih belum cukup.” timpalnya lagi.
Di sini aku hanya bisa tersenyum dan berkata dalam hati, “Gila lu bro, duit segitu masak lu bilang belum cukup buat usaha, aku aja yang belum punya penghasilan ini tetep semangat buat berwirausaha.”

Setelah ngobrol panjang ngalor-ngidul, akhirnya obrolan usai dengan statement. “oke deh bro, mungkin nanti aku akan mulai wirausaha kalau sudah siap.”
aku tersenyum simpul sambil ngetik kode emoticon😀, pertanyaan dalam hati muncul “mau sampai kapan ?”

Nah pagi tadi, aku membaca sebuah buku yang judulnya “Monyet aja bisa cari duit.” karya JayTeroris alias kang Zainal Abidin.
Di dalam buku tersebut terdapat sebuah kisah tentang Aristotle Onassis, seorang Yunani yang merantau ke Amrik tanpa modal apapun, Ia hanya datang ke Amrik hanya dengan pakaian yang melekat di badannya.
Tetapi, dengan kecerdasan yang ia miliki, ia menawarkan jasa menyuplai tembakau berkualitas tinggi pada sebuah perusahaan rokok ternama di Amerika. Pembayarannya dilakukan belakangan, setelah tembakau diterima. Di sisi lain, Onassis juga bekerja sama dengan petani tembakau di Brazil. Karena mutu tembakau cukup baik dan harganya cocok, Onassis dapat komisi. Nah Onassis bahkan bisa memulai bisnisnya dari tanpa modal. dari uang yang didapatkan ini, pelan-pelan ia investasikan dan bangun bisnisnya sendiri.

Glekk… dari sini aku berujung pada kesimpulan, entah benar atau salah.. bahwa bisnis itu ga’ harus punya modal (uang) gede dulu. Kita bisa memulainya dari yang paling sederhana.

Miliki kemauan itu kuncinya. dan setelah itu ikuti dengan beberapa tindakan yang sesuai dengan kemauan itu. Kebanyakan orang-orang itu punya kemauan, tapi manis dibibir aja. kemauannya belum diikuti tindakan karena adanya tameng ‘ke-malu-an’ yang lebih besar.

Wirausaha cuma bisa jadi kenyataan, kalo kita ada kemauan dan berani memulai mengambil resiko, kata salah seorang temanku di training center IBD, siap-siap potong urat malu !!

*Doaku, moga semakin banyak lulusan Sarjana yang berani jadi pengusaha.
Amiin…

One thought on “Kerja atau Usaha

jangan lupa ninggalin komennya ya :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s