istimewa

Kerupuk Kulit Ikan Buntek


Senin, 21 Oktober 2013 aku berangkat menuju Kecamatan Kandanghaur di Kabupaten Indramayu untuk mencari seteguk inspirasi. Siang itu, aku bertemu dengan mba’ Risty, beliau adalah pendamping dari Masyarakat Mandiri Dompet Dhuafa bagi dua desa pesisir di Kecamatan Kandanghaur Kabupaten Indramayu, yaitu Desa Eretan Kulon dan Desa Eretan Wetan. Meskipun berdekatan dan sama-sama terletak di daerah pesisir pantai utara pulau jawa, kedua desa ini ternyata memiliki tingkat kesejahteraan yang berbeda jika dilihat dari segi usaha yang berlangsung disana.

Mba’ Risty menjelaskan bahwa di Desa Eretan Wetan penduduk cenderung lebih rajin dalam mengolah hasil laut menjadi berbagai produk olahan ikan seperti dendeng ikan, ikan fillet, dan sebagainya. Di Desa Eretan Wetan juga terdapat KUD Misaya Mina sebagai koperasi yang turut menggerakkan usaha masyarakat. Bersama koperasi ini produk-produk olahan masyarakat desa Eretan Wetan diperkenalkan ke khalayak ramai melalui pameran baik tingkat kabupaten maupun provinsi. Salah satu produk unggulan Desa Eretan Wetan yang sudah diusahakan skala besar adalah dendeng ikan.

Sama halnya dengan Desa Eretan Wetan, di desa Eretan Kulon juga telah terdapat Koperasi yaitu KUD Mina Bahari sebagai koperasi simpan pinjam yang diharapkan dapat memacu geliat perekonomian di desa tersebut. Meskipun begitu, perbedaan kultur membuat masyarakat desa ini belum sepenuhnya tergerak untuk bisa mandiri ekonomi. Terutama kaum ibu, belum ada yang fokus mengembangkan olahan hasil laut menjadi produk yang nilai jualnya tinggi seperti di desa Eretan Wetan.

Hal inilah yang membuat mba’ Risty dan Masyarakat Mandiri Dompet Dhuafa saat ini lebih fokus menggerakkan dan memberikan bantuan permodalan kepada kelompok ibu-ibu di desa Eretan Kulon terlebih dahulu agar dapat menjalankan usahanya. Pada saat ini sudah terbentuk empat kelompok usaha yang mulai menjalankan usaha pembuatan kerupuk kulit ikan, kerupuk tapioka ikan, serta ikan gesek asin dan tawar.

Image

Sebenarnya baik masyarakat Desa Eretan Wetan dan Desa Eretan Kulon sudah sering mendapatkan pelatihan dari berbagai pihak untuk membuat bermacam-macam olahan seperti ikan fillet, nugget, otak-otak, pilus ikan, dan bakso ikan, Jadi secara umum untuk masalah pengolahan masyarakat desa sudah pandai dan mampu. Hanya saja kemauan untuk membuat produk olahan tersebut yang masih sangat kurang. Hal ini dikarenakan mereka tidak memiliki kemampuan untuk mengakses pasar. Ketika kemampuan akan softskill dan teknologi sudah dimiliki, tetapi kemauan tidak ada, ini akan menjadi kendala mendasar bagi kegiatan pemberdayaan masyarakat.

Ibu Watning salah seorang anggota kelompok ibu-ibu menjelaskan bahwa sebenarnya mereka siap untuk memproduksi olahan-olahan tersebut asalkan ada pengumpul yang sudah jelas dan pasti akan menampung. Hal ini yang kemudian menjadi kendala kemajuan kelompok. Keengganan untuk berusaha mencari pasar ini berdampak pada keengganan untuk berproduksi. Padahal jika dilihat dengan seksama pasar olahan ikan terbuka luas, baik di lokal kecamatan Kandanghaur sendiri maupun luar daerah.

Inilah yang menjadi tugas bagi mba’ Risty sebagai pendamping untuk mengarahkan dan membuka wawasan para ibu-ibu agar dapat berusaha lebih dalam mengembangkan usaha olahan ikan, tidak hanya menunggu pasar, tetapi juga berinovasi dalam membuat pasar. “Ya… minimal dengan menitipkan produk olahannya ke warung-warung atau toko terlebih dahulu” Ujar mba’ Risty.

Bersama Masyarakat Mandiri Dompet Dhuafa, upaya menuju kemandirian ekonomi inilah yang sedang diusahakan di masyarakat desa Eretan Kulon. Dengan membangkitkan kemauan melalui motivasi, dukungan baik moril maupun materil, serta pendampingan yang intensif diharapkan dapat menjadi modal penting agar masyarakat mampu berdaya secara mandiri.

jangan lupa ninggalin komennya ya :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s