opini · travelling

Senja di Kereta


Sore itu langit cukup cerah, aku berangkat dari stasiun Pasar Senen menuju Haurgeulis, Indramayu menggunakan Kereta Api Brantas tujuan Kediri. Saat melewati daerah Lemah Abang, Bekasi, tiba-tiba “ PRANKK !! kaca kereta di samping tempat duduk tepat di belakangku pecah karena dilempar dari luar oleh oknum tidak bertanggung jawab. Serpihannya langsung mengenai wajah penumpang yang duduk di sebelah kaca. ~ seorang ibu ~, Serpihannya sempat mengenai mata dari sang ibu. Untungnya tidak ada luka yang berarti, adanya plastik filter menahan serpihan kaca yang pecah agar tidak terlalu buyar dan membahayakan.

20131030_170739

Sejenak aku teringat dengan obrolan siang tadi dengan Mas Adi, dia juga pernah mengalami hal serupa, bahkan kaca yang dilempar tepat di samping kursi yang ada di hadapannya. Entah siapa oknum jahil yang sering iseng melempari kaca kereta dari luar, ada yang bilang itu anak kecil, ada juga yang bilang itu adalah ‘mantan’ pedagang yang kini tidak boleh lagi naik di kereta api akibat manajemen baru yang diterapkan. Entah siapapun mereka, yang jelas menurutku mereka itu adalah orang ‘tidak berpendidikan’ yang perlu mendapat pencerahan.

Perilaku berbahaya ini perlu dicegah dan ditanggulangi oleh berbagai pihak, baik oleh masyarakat sendiri, Polisi selaku penjaga keamaan, maupun PT. KAI selaku penyelenggara perjalanan kereta api. Dari masyarakat dan polisi mungkin perlu melakukan pembinaan dan pengamanan yang baik di wilayah perkampungan sekitar rel kereta api. Dari PT. KAI sendiri mungkin bisa mengganti kaca kereta api dengan bahan yang lebih kuat, kalau perlu sekuat kaca anti peluru. Pak Menteri Perhubungan, Pak Menteri Hukum dan HAM, serta Pak Menteri BUMN, tolong bantuannya untuk terus membenahi perjalanan kereta api ya. Terimakasih ~ meskipun ga’ yakin bakalan di dengar.~

Sebagai pelanggan setia PT.KAI aku hanya bisa berdoa, semoga ke depannya perjalanan kereta api dapat lebih aman dan nyaman bagi penumpang.

jangan lupa ninggalin komennya ya :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s