istimewa · motivasi

Knowing yourself for knowing others


Seperti postingku sebelumnya, hari ini aku mau cerita sedikit tentang test STIFIN yang baru aku ikuti. STIFIN merupakan akronim dari beberapa tipe kepribadian yang dipengaruhi oleh dominasi otak, yaitu : Sensing, Thinking, Intuiting, Feeling, dan Insting. test STIFIN dilakukan dengan mengecek sidik jari menggunakan finger print. Menurut penelitian para psikolog, sidik jari seseorang itu memiliki kesesuaian dengan fungsi otak yang paling dominan digunakan.

stifin.JPG
sumber : yayasanrahmatanlilalaminjakartatimur.org

Nah, khusus saya, setelah di test dengan STIFIN ternyata  memiliki jenis kepribadian Thinking Introvert (Ti).

531971_4468105709851_932002618_n.jpg

Jenis kepribadian Ti  adalah jenis kepribadian yang berbasiskan kecerdasan logika. Artinya setiap tindakan dan keputusan yang diambil, sebagian besar merupakan hasil pemikiran mendalam. Pada tipe Ti, sistem operasinya berada di belahan otak bagian atas kiri (Neokortek kiri) yang secara spesifik memiliki kekhasan dalam wujud penguasaan teknologi, mesin, dan mekanika.

Dari fisiknya, orang dengan jenis kepribadian Ti memiliki unsur tulang yang lebih dominan, sehingga volume tubuhnya cenderung lebih kecil dibanding tipe lainnya. Akibatnya tulang kerangka menyagga beban tubuh yang lebih ringan sehingga memungkinkan tipe Ti untuk lincah bergerak aktif kesana-kemari. Namun demikian, umumnya orang Ti malas bergerak karena energi yang tersedia cenderung habis untuk menutrisi kepala alias berfikir.

Disebabkan hal itu, orang tipe Ti lebih senang dengan jenis pekerjaan yang membuatnya menantang untuk berfikir keras sehingga dapat menyelesaikan masalah hingga tuntas. Setiap masalah yang menjadi tanggung jawab orang tipe Ti dapat diselesaikan dengan baik karena cara kerjanya yang terbiasa efektif. Kata Pak Farid Poniman dalam buku “STIFIN, ini gue banget” orang Ti memiliki kepribadian yang teguh dan keras kepala.

Orang Ti umumnya terbiasa menalar segala sesuatunya. Dalam membaca ia terbiasa menalar bacaan untuk mendapat logika isi dan intisari bacaannya. pada dasarnya orang Ti senang berfikir baik diminta maupun tidak. Karena kebiasannya ini, orang Ti umumnya pandai, karena tingkat penguasaannya terhadap pelajaran yang melebihi tipe lainnya. Namun karena kelebihannya tersebut, orang tipe Ti seringkali malas karena menganggap mudah mempelajari suatu hal,  ‘nanti juga bisa’.

Dalam hal olahraga, orang Ti lebih senang dengan olahraga seperti sepeda, taekwondo, dan renang gaya dada… *hahaha gue banget😀

Sebagai pribadi yang punya kelebihan, tipe Ti juga memiliki kekurangan yang seringkali menyulitkannya. Diantara beberapa kekurangannya tersebut adalah : (1) Orang tipe Ti yang meskipun logis, seringkali malah bergantung pada faktor X jika mentok terhadap suatu persoalan. (2) Mampu mengelola secara hebat, namun penakut untuk keluar dari zonanya. (3) dibalik kemandiriannya ia menyimpan rahasia dan ‘masking’. (4) Mampu bergerak agresif, tapi ingin diladeni. (5) Mengadili secara hitam-putih, namun mudah diprovokasi. (6) Jeli dan objektif namun terkadang gagal menangkap kontekst gambar besar suatu persoalan. (7) Mahir namun sering terjebak dalam hal-hal sepele.

Naah… itulah sebagian gambaran tentang Thinking Introvert (Ti) yang sedikit banyak mencerminkan diriku. Entah seberapa sesuai hasil analisis kepribadian versi STIFIN ini, yang jelas lumayan berguna buat memahami diri sendiri, dan bagaimana kita memahami orang lain.

‘SETIAP ORANG TERLAHIR ISTIMEWA’, karenanya memahaminya pun harus dengan cara yang istimewa🙂

 

jangan lupa ninggalin komennya ya :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s