istimewa · kopi

Mencecap Surga Kopi Dunia


Capture

Bogor (Selasa, 24/5/16)
Kopi hari ini menjadi hal yang istimewa. Bukan hanya di kalangan anak muda yang gemar kulinaria, namun juga di kalangan para kaum akademika. Kopi menjadi bahasa pemersatu antara anak modis dengan kalangan akademis.

Fenomena langka ini aku jumpai di kampus IPB Dramaga, tempatnya para ahli pertanian berjaya. Coffetalk, bincang kopi “Anak Muda Mencecap Kopi Dunia.” yang diselenggarakan oleh BEM IPB sukses meng-kopikan ruang kecil Auditorium Thoyib Hadiwijaya pada malam penuh hujan deras di malam itu.

Film ‘Aroma of Heaven’ menjadi awal pembuka bincang malam itu hingga menjadi sangat attraktif. Film yang memenangkan the best documentary film di Hainan, China tahun 2015. Film karya sutradara muda Budi Kurniawan ini digadang-gadang sebagai film dokumenter pangan pertama di Indonesia yang membedah tentang pangan khususnya kopi dari berbagai sudut pandang. Sejarah, budaya, ilmu, industri, gaya hidup, dan semua hal yang berkaitan dengan kopi dipadu dalam sebuah kesatuan.


Menonton  Film Biji Kopi Indonesia (judul asli   Aroma of Heaven) artinya membuka mata tentang indahnya hidup di surga kopi dunia. Indonesia. ya.. surga kopi itu bernama Indonesia, negeri kita tercinta. Kopi Indonesia adalah yang paling beragam citarasanya, beragam aromanya, dan beragam ceritanya.

“Kopi adalah pengalaman.” kata Kang Mudji, Professional Coffee Cupper sekaligus Barista asal Rumah Kopi Ranin Bogor. Mencecap kopi dan menikmatinya adalah penilaian subjektif dari pengalaman-pengalaman yang dibangun saat bertemu dengan secangkir kopi. Semakin banyak menikmati beragam kopi asli Indonesia, semakin kaya pengalaman dan deskripsi yang mampu kamu berikan tentang kopi.

Patut disadari bahwa selama ini persepsi sebagian besar orang tentang kopi Indonesia banyak terkelabuhi. Kopi bukanlah soal merk dagang seperti kopi Kapal *pi, Tor*bika,  Nesc*fe, atau Starb*ck. Kopi Indonesia adalah tentang dimana kopi itu ditumbuhkan, bagaimana mengolahnya, dan siapa petaninya. Karena disitulah keragaman aroma dan citarasa bermula.

Kita harus bersyukur karena hidup di negeri surganya kopi, negeri yang punya citarasa kopi paling beragam di dunia. Menikmati kopi asli Indonesia adalah menikmati kehidupan. “Seperti berjalan di atas awan.” ujar salah seorang penikmat kopi asal Banyuwangi. Menikmati kopi terbaik Indonesia artinya adalah menikmati kedaulatan kopi di negeri sendiri. Karena kopi terbaik, berawal dari tangan-tangan petani yang mencintai kopinya seperti anak sendiri.

Akhirnya menutup acara Coffeetalk malam itu, dibacakanlah sebuah puisi sarat makna
berjudul “Secangkir Kopi Kecil di Sudut Ruang”


Secangkir Kopi Kecil di sudut ruang
Tiba-tiba terdengar suara, hancurkan lepaskan rantainya
hancurkan lepaskan rantainya
teriakan silih bergantiCangkir-cangkir besar bergerak mengeliling

Secangkir Kopi Kecil di sudut ruang
Hancur sudah cupping tubuh lemahnya
Kopi memuncrat keluar membasahi tubuh cangkir-cangkir besar
Saling menjilat menikmati kedaulatan Secangkir Kopi Kecil
(DAS, 2016)

 

jangan lupa ninggalin komennya ya :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s